Masing-masing aspek inilah yang akan menopang kinerja fungsi Human
Resources dalam organisasi untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia
berkualitas untuk menjawab kebutuhan bisnis dalam organisasi. Dadi ora
ngawur sak karepe dhewe, masing-masing fungsi harus berjalan seimbang
seiring dan selaras.
1. Seleksi dan rekrutmen
Bertanggung jawab untuk menjawab kebutuhan pegawai melalui penerimaan
pegawai hingga penempatan para pegawai baru tersebut di posisi-posisi
yang tepat. Kami percaya, agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik
(menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat), sebagai acuan yang
membantu menyeleksi kandidat yang sesuai. Sedangkan untuk metode
seleksi, biasanya sangat bervariasi, mulai dari psikotest, interview,
skill test, referensi maupun assessment center. Dalam rekrutmen
dipegang teguh right man in the right place dan dilakukan sesuai
prosedur yang berlaku.
2. Training dan development
Memiliki fungsi yang menjaga kualitas sumber daya manusia dalam
organisasi melalui berbagai aktivitas pelatihan, pendidikan dan
pengembangan sebagai upaya peningkatan kemampuan dan keterampilan
kerja. Aktivitas ini dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.
Metode pengembangan yang populer saat ini adalah on-the-job training
dan coaching disusul training..
3. Compensation and Benefit
Berfungsi untuk menyusun strategi hingga implementasi atas seluruh
kompensasi yang diterimakan kepada pegawai yang mengacu pada kondisi
pasar. Penyakit yang timbul akibat kesalahan ini biasanya pada
perusahaan yang sudah beroperasi puluhan tahun, sehingga variasi usia
karyawan cukup lebar, misalnya ada yang baru lulus SMU sampai yang
berusia 60 tahun. Tidak mengejutkan bahwa ada kasus: gaji tukang
fotokopi bisa lebih besar dari gaji supervisor, supervisor baru lulusan
S1 gajinya diatas supervisor lama yang merangkak dari level operator,
gaji supervisor kebalap gaji dan lemburan foremannya, dan lain
sebagainya
No comments:
Post a Comment